Delapan Tahun Loenpia.net, selamat ulang tahun!

20131017-085758.jpg

Delapan tahun sudah loenpia.net hadir sebagai komunitas blogger semarang. Komunitas blogger semarang hadir sebagai delapan tahun sudah. Sudah delapan tahun komunitas hadir semarang blogger.

Halah.

Pokoknya gini, tepat pada hari kurban tahun 2013, loenpia.net merayakan 8 tahun sudah kumpul. Namanya juga merayakan kumpul-kumpul, ngerayainnya juga sambil kumpul-kumpul.

Ini komunitas blogger pertama yg aku ikuti. Kok bisa? Lha gara-gara pengen gabung di sinilah aku bikin blog. Kenapa sampai pengen gabung? Lha (lagi) dapet undangan buat ikutan makan-makan sih. Syaratnya musti blogger. Yawis, akhirnya bikin dan gabung. Bhhe..

20131017-091120.jpg

20131017-090822.jpg

20131017-091145.jpg

Malam ini saya ketemu dengan temen-temen loenpia di semarang. Mumpung pulang juga sih. Temen-temen loenpia di semarang? Emang ada temen-temen loenpia di kota lain? Iya. Mungkin pembaca bertanya-tanya, emang anggota loenpia ada di mana aja? Mana aja selain semarang? Iya kan? Pada nanya kan? Eh? Nggak ya? Yaudah sih. Tetep aja saya bakal cerita juga.

Anggota loenpia udah banyak yang mengepakkan sayapnya (tsaaahhh…) ke luar semarang. Ada yg jakarta, yogya, surabaya, makassar, lampung, jayapura, sidney, beijing, dan lain sebagainya. Banyak? Iya. Ada yg emg berdomisili di sana, kerja, mantannya di sana, mantan gebetan di sana, dan sebagainya.

Syukur bagi saya karena masih bertemu mereka di jakarta. Sejak saya pindah tahun lalu, merekalah yang bikin saya masih seperti di rumah.

20131017-091101.jpg

20131017-090839.jpg

Malam ini saya ikut kumpul dengan agenda pembahasan kopdar
(Kopi darat) akbar. Kapan, dimana, dan siapa saja yang diundang rencananya akan dibahas malam ini sambil makan gimbal atau minum es campur.
Tapi, seperti tema tahun ini “penuh wacana sekadar gaya”, lagi-lagi tidak ada satupun agenda yang dibahas. Blas! Malah mbahas rencana liburan ke bromo.
Jyann tenan…

Tapi bagaimanapun, kami nggak akan bosen ngumpul. Sampai ulang tahun ke-8, 9, 100, atau berapapun.
Moga-moga awet hore-horenya.

Loenpia, dirgahayu!

Iklan

Mudik: Motret Kereta Api

Setelah pada satu malam aku dan jarwo jalan-jalan di malam hari, kali ini jarwo ngajakin mampir buat nongkrong di pos palang pintu banjir jalur kereta api di banjir kanal barat. si jarwo tertarik karena jembatan keretanya ada dua sekarang. katanya sih mau dipake buat double-track. biar lebih cepat gitu perjalanan kereta api kita.

DSC01054

DSC01041

Jembatan sebelah kiri adalah jembatan baru yang akan dipakai, sedang yang kanan adalah jembatan existing yang sudah dipakai sejak jaman belanda. Rencananya sih, pembangunan jalur dobel ini akan selesai pada 2016.

selain kereta, jembatan ini digunakan juga oleh warga buat seberangi kali banjir kanal. ketimbang muter lewat jembatan kali ya? hal ini berbahaya karena sewaktu-waktu kereta bisa lewat. kalo lewat? wah…

hati-hati ya…

DSC01039

DSC01042

pas lagi motret, saya disapa oleh salah seorang anggota Indonesia railway Preservaton Society.  Suka dan Cinta dengan perkeretaapian Indonesia? kumpul-kumpul deh dengan mereka. Dapat belajar banyak ntar.

DSC01059

DSC01066

DSC01055

Mendengar ceritanya tentang pengalaman keliling jawa buat motret kereta dan sarana prasarananya, aku jadi pengen nyoba nih. akhirnya, aku nyoba buat motret.

DSC01072

gagal pas ada yang lewat bikin aku belajar bahwa musti siap-siap buat berikutnya.  berikutnya aku nunggu dari jam 4 sampai hampir maghrib buat nunggu kereta diesel kaligung tujuan tegal ini lewat.  akhirnya jadi satu. syukurlah.

Mudik: Asal Mula Ayam Opor

Aku perjelas dulu di awal: postingan ini bukan tentang sejarah makan opor kala lebaran. Ini adalah postingan tentang proses supply ayam opor di rumahku.

Prosesinya dilakukan dilakukan di pasar kubro semarang. pasar ini menjadi pusat jual beli unggas setelah dilakukan relokasi dari pasar kobong rejomulyo pada 2011.

monggo. semoga tabah.

Menunggu Takdir

DSC00443

DSC00449

DSC00455

Siap Jagal

Jago Jagal Jago Prosesi Penyembelihan

Prosesi Pemotongan

Rehat Siang Bergantian

Sumber Energi Para Jagal

Mudik: Keponakan dan Mainan

Lebaran bisa jadi ajang evaluasi. Evaluasi apa saja. Di lebaran lalu aku evaluasi ponakanku. salah satunya ini, Farel. Terkenal badung dari masih kecil. Sekarang?

DSC00552

DSC00555

Keponakanku yg lain, Rakha, diajarkan untuk berbagi. Sedikit demi sedikit diajarkan oleh orang tuanya bahwa berbagi itu akan membuat apa yang mereka miliki lebih berguna. Saat si Rakha masih berlatih berbagi, sepupunya ini punya landasan konsep yang beda: ayo bagi!

akhirnya, mudikku kala lebaran lalu jadi ramai oleh ponakan yang saling berbagi mainan ini.

DSC00564 DSC00565