Keliling Semarang Malam

Selasa lalu masih dalam suasana idul fitri, aku sempatkan untuk berkeliling semarang dengan motor tua kesayangan: jarwo.

Berikut beberapa prmandangan yg kami dapatkan sembari nostalgia.

20130817-054744.jpg

Pertama. Inilah simpang lima kala dini hari. Sekitar lewat tengah malam aku berhenti sebentar di sudut selatan. Mengambil nafas sebentar, lalu kembali berkeliling.

20130817-055056.jpg

Aku pikir seseorang menelpon sehingga mengakibatkan perutku bergetar. Ternyata bukan. Lapar ini membawaku ke nasi kucing legendaris yg hanya buka malam hari di semarang, nasi kucing pak gik.

20130817-055413.jpg

Lanjut jalan!
Sekarang aku dan motorku jarwo berhenti di depan kantor pertama sejara merdeka di jalan merak, kota lama. Ini kantor dimana ayahku mengais nafkah dulu. Dari wartawan partime hingga jadi pegawai tetap. Perjuangan suara merdeka grup dimulai di sini.
Sekarang, di sinilah arsip koran suara merdeka cetakan lama berada.

20130817-055717.jpg

Polder tawang tidak sepi malam itu. Banyak yg memadu kasih. Sedikit deg2an akan di dekati kupu-kupu malam, aku coba ambil gambar stasiun tawang. Stasiun besarnya semarang. Karena tanah di kota lama mulai turun, maka gedung ini tidak setinggi dulu. Namun kegagahannya masih nampak bukan?

20130817-060017.jpg

Wuih. Gedung merah ini masih kokoh berdiri. Gedung marba. Marba diambil dari pemrakarsanya, Marta Badjunet seoranh saudagar kaya asal Yaman. Gedung dua lantai ini punya ketebalan tembok sekitar 20cm lho. Biar nggak panas kali ya? Oia, akhir bulan ntar kawan-kawan di semarang mau pake gedung ini buat acara seru: kunokininanti.

20130817-060630.jpg

Melengos dikit dari marba, kita lihat di depannya ada gereja tua . Gereja blenduk. Nama resmi gereja ini adalah Gereja Protestan Indonesia Barat Immanuel. Dibangun oleh masyarakat belanda tahun 1753 dan masih cakep buat poto-poto. Di sisi timur gereja ini, terletak taman srigunting. Kawan-kawan yg lelah ketika jalan-jalan di kota lama bisa sejenak melepas penat di sana.

20130817-061021.jpg

Kita lewat sebentar kota lama. Kalo keluar daerah ini ke arah barat, kita pasti lewat jembatan berok. Jembatan yg dibangun tahun 1705 ini dulunya bisa terbuka bila ada kapal yg ingin merapat. Kapal kecil atau perahu tentunya. Di dekatnya terdapat gedung kesenian societeit de harmonie, yg sekarang digunakan oleh bank mandiri untuk kegiatan operasional.

20130817-061450.jpg

Kantor pos! Woh. Di sinilah letak 0 kilometernya semarang. Masih awet dipake sampe sekarang.

20130817-061603.jpg

Ini pojok Yaik. Salah satu sudut pasar tradisional terbesar di semarang, pasar johar. Aku dengar kabar bahwa akan dilakukan pemugaran di sana. Namun belum begitu mengerti detailnya.
Marianjutkan perjalanan saja.

20130817-061817.jpg

Tugu muda dan gedung besar di belakangnya ini sudah banyak berseliweran di tv. Icon semarang, tugu muda dan gedung lawang sewu.
Aku gak masuk ke dalamnya kok. Ntar jarwo ketemu temennya malah gak mau pulang. Temennya, you-know-who. Hhe

20130817-062050.jpg
Pulang ah. Sudah larut.

Eh sebentar. Rumahku ini dekat dengan sunan kuning lho. Sunan kuning itu lokalisasi terbesar di semarang.
Ternyata udah buka walau lebaran brlum seminggu. Udah pada kangen kali ya gara-gara sebulan tutup waktu puasa. Hha

Aku cuman di gerbangnya kok. Sumpah.
Dan inilah tempat yg terakhir aku kunjungi malam itu bareng jarwo.

Sampai jumpa kali lain di semarang ya.
🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s